HITS Dapatkan Penghargaan Indonesia CSR PKBL dari Warta Ekonomi

published on : 2020, September 27

Jakarta,- PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. (HITS) mendapatkan penghargaan sebagai TOP 5 CSR for Indonesia CSRxPKBL Award 2020, Category Infrastructures,Utilities,Transportations, Subsector Transportation. Penghargaan ini diberikan secara virtual dalam acara Indonesia CSRxPKBL Award 2020 “Prosperity, Humanity, and Sustainability” melalui virtual Zoom Meeting pada tanggal 23 September 2020.

 

Penghargaan ini diberikan oleh CEO & Chief Editor wartaekonomi.co.id, Muhamad Ihsan kepada Direktur HITS, Bapak Sutiyarso. Acara ini turut dihadiri Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Batubara dan Founder & Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad.

 

Award ini ditujukan untuk HITS, dikarenakan Penggunaan Tenaga Kerja Lokal. Dengan wilayah operasional Perseroan yang bergerak di bidang distribusi energi dan kemaritiman yang tidak dibatasi oleh Kabupaten atau Propinsi, HITS dapat dikatakan saat ini mempergunakan 100% tenaga kerja Indonesia.  

 

“Saat ini, seluruh kapal-kapal yang dimiliki oleh Perseroan dioperasikan oleh Warga Negara Indonesia. Program ini dikenal dengan Indonesianisasi yang digulirkan sejak 2010, “ ungkap Sutiyarso, Direktur HITS. Pada 8 September 2011, untuk pertama kalinya, diserahterimakan kendali kapal LNG Ekaputra dari Nakhoda Jepang ke Nahkoda LNG pertama Indonesia, tambahnya.

 

Program ini berdampak pada semakin banyaknya profesional Indonesia yang bekerja di bidang kemaritiman dan dapat mendukung program Pemerintah dalam upaya mengurangi pengangguran. Selain itu, penggunaan tenaga kerja lokal juga dapat memperlancar operasional dengan semakin mudahnya komunikasi antar karyawan.

 

Tim peneliti Warta Ekonomi menganalisis performa corporate social responsibility (CSR) HITS dari laporan tahunan 2019 yang dipublikasi. Yang kemudian, data yang ada di dalam laporan tahunan tersebut diolah oleh tim peneliti Warta Ekonomi.

 

Bobotnya berlainan satu sama lain, 20% untuk Corporate Financial Performance (CFP), 40% untuk Social Performance, dan 40% untuk Environmental Performance. Nantinya, perusahaan dengan nilai akhir mendekati 3 adalah perusahaan dengan performa corporate social responsibility (CSR) terbaik versi Warta Ekonomi.