Kode Etik


KEBERADAAN KODE ETIK

Perseroan menerapkan budaya dan karakter Perusahaan dalam setiap aktivitas kerjanya, senantiasa berkomitmen untuk mencapai visi dan misi dengan menerapkan praktik tata kelola Perusahaan yang baik melalui penerapan Kode Etik Perusahaan. Kode Etik Perusahaan atau Pedoman Perilaku/Code of Conduct (CoC) ini digunakan oleh seluruh insan Perseroan sebagai landasan dalam membentuk dan mengatur tingkah laku yang konsisten sesuai dengan peraturan yang berlaku di dalam maupun di luar Perseroan. Kode Etik  tersebut telah disempurnakan pada tahun 2017  melalui  Keputusan Direktur Utama tanggal 5 Januari 2017  Nomor: 001A/SK/Direksi HIT/I/2017.

 

Komitmen Penerapan Kode Etik

Pelaksanaan kode etik ini merupakan upaya untuk:

  1. Memberikan pemahaman kepada seluruh Insan Perseroan bahwa Perseroan beroperasi secara jujur dan terbuka, sehingga tercipta lingkungan kerja yang baik, dengan tingkat perputaran karyawan yang rendah dan peningkatan kesejahteraan.
  2. Menjadi bagian dari komunitas tertentu, sebab menjaga hubungan baik merupakan hal mendasar bagi sukses jangka panjang Perseroan untuk mencapai kesejahteraan sosial dan peningkatan ekonomi.
  3. Menjadi bagian dari komunitas bisnis jasa transportasi laut, pelaksanaan dan komitmen terhadap kode etik ini dapat mendukung Perseroan dalam berbagai kasus Pengadilan, serta menjadi bagian dari manajemen risiko yang baik, dan mampu membangun goodwill dan reputasi Perseroan.

Kode Etik  berlaku bagi seluruh insan Perseroan di setiap jenjang organisasi Perusahaan. Karyawan, Direksi dan Dewan Komisaris  diwajibkan menandatangani pernyataan komitmen kepatuhan terhadap Kode etik Perusahaan.

 

ISI DAN MUATAN KODE ETIK

  • Etika Perusahaan terhadap Karyawan
  • Etika Perusahaan terhadap Pelanggan
  • Etika Perusahaan terhadap Penyedia Barang dan Jasa
  • Etika Perusahaan terhadap Kompetitor
  • Etika Perusahaan terhadap Komunitas
  • Etika Perusahaan terhadap Anti KKN
  • Gratifikasi

 

UPAYA PENYEBARAN KODE ETIK PERSEROAN

SOSIALISASI PEDOMAN ETIKA BISNIS

Sosialisasi dilakukan dengan berbagai metode seperti tatap muka dan melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Sepanjang tahun 2017, telah dilakukan sosialisasi kode etik Perusahaan yang melibatkan segenap karyawan di seluruh jenjang Perseroan.

 

PENANDATANGAN PAKTA INTEGRITAS

Perseroan mewajibkan setiap karyawan dan manajemen Perusahaan untuk menandatangani Pakta Integritas mengenai kepatuhan terhadap Kode Etik untuk memastikan bahwa semua organ Perusahaan memiliki komitmen dalam membangun etika dan kultur bisnis yang sehat.

 

PENEGAKAN ETIKA BISNIS DAN ETIKA KERJA PERSEROAN

Pedoman berlaku tanpa terkecuali kepada setiap orang di dalam Perseroan. Penegakan terhadap pelanggaran kode etik adalah berupa penindakan secara serius yang dapat mengakibatkan tindakan indisipliner sesuai dengan peraturan Perseroan yang berlaku. Pelaksanaan pengawasan kepatuhan kode etik Perseroan menjadi tanggung jawab masing-masing Kepala Unit kerja.

 

PEMANTAUAN DAN KEPATUHAN 

Agar bisnis dapat terus dapat dijalankan secara berkelanjutan, Direksi bertanggungjawab untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip dan seluruh Pedoman telah dipahami dan ditanamkan pada setiap tingkatan di ruang lingkup Perusahaan. Hal ini terus didengungkan pada setiap pertemuan dan acara komunikasi lainnya.

Diwajibkan kepada setiap pimpinan divisi ataupun departemen untuk mengawasi pelaksanaannya, yaitu dengan memberikan panduan kepada seluruh personil di setiap lini usaha dan menghindari segala perilaku indisipliner, serta memberikan memberikan punishment kepada para pelanggar kode etik. 

Cara penanganganan pelanggaran diatur dalam Pedoman Whistleblowing System.

 

PELAPORAN PENGADUAN ATAS PELANGGARAN

Setiap Insan Perusahaan dapat menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran terhadap Kode Etik kepada Perusahaan melalui surat langsung, e-mail ataupun facsimile.

Pada tahun 2017 terdapat 22 laporan pelanggaran kode etik di kapal dan telah di tetapkan sanksi terhadap pelanggaran tersebut.