Captain & Chief Enginer Pertama di Indonesia untuk Angkutan LNG

published on : 2012, January 05

Bontang,- Manajemen PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. (HITS) bersama seluruh crew kapal Ekaputra mengadakan acara syukuran atas dicapainya Captain dan Chief Engineer pertama di Indonesia untuk angkutan LNG di Lounge Room Kapal Ekaputra, Bontang (5/1). Prestasi ini sangat membanggakan karena untuk pertama kalinya diraih oleh putra Indonesia.

”Program Indonesianisasi memang telah direncanakan sejak awal, yaitu merupakan program untuk menggantikan semua awak kapal asing (Jepang), sampai dengan jabatan tertinggi di atas kapal LNG, yaitu Nakhoda dan Kepala Kamar Mesin (KKM),” ujar Bagoes Krisnamoerti, Direktur Utama HITS dalam sambutannya.  Komitmen tersebut direncanakan akan membutuhkan waktu antara 15-20 tahun lamanya untuk dilakukan akuisisi knowledge and skill dari Perwira Jepang ke Perwira Indonesia, dengan perkiraan waktu terlaksananya Indonesianisasi lengkap tersebut di tahun 2010, tambahnya.

Sampai akhirnya  pada tanggal 8 September 2011, pada jam 17.00 waktu setempat, di Terminal LNG Bontang, Capt. Chepy Chairil Anwar menggantikan Capt. S. Edatsugi, sebagai Nakhoda pertama di Indonesia untuk kapal LNG. Sebelumnya, Chief Engineer atau Kepala Kamar Mesin juga sudah diserahterimakan dari C/E M. Takahashi kepada C/E Priyo Nugroho, sebagai Chief Engineer Indonesia pertama di kapal LNG. Ini merupakan tonggak sejarah bagi Indonesia, dan HITS telah menyiapkan Indonesia Nakhoda dan KKM lainnya untuk mengikuti langkah awal ini terhadap kapal-kapal LNG yang dioperasikan. Ini menjadi suatu kebanggaan bangsa Indonesia karena kapal LNG Ekaputra dioperasikan seluruhnya oleh Crew atau awak kapal Indonesia dan membuat kita menjadi bangga menjadi bangsa Indonesia.

Rencana besar untuk mengawaki kapal LNG Ekaputra dengan Nakhoda dan KKM Indonesia dilakukan melalui sebuah rencana dan jalan yang panjang. Persiapan, perencanaan, pengkaderan dan pembentukan karakter anak buah kapal dengan kerja sama dan saling bahu membahu merupakan target yang harus terlaksana dalam proses tersebut. Program Indonesianisasi yang dimulai dari tingkatan Perwira muda, Mualim II dan Masinis II dan terus berlanjut hingga akhirnya menjadi Nakhoda dan KKM.

“Sejak dipromosikan pada awal September 2011, sudah hampir 4 bulan saya mengambil alih komando kapal Ekaputra. Ini adalah pengalaman pertama saya untuk menjadi master. Terima kasih banyak untuk kesempatan dan dukungan yang diberikan kepada saya,” ujar Captain Chepy Chairil Anwar. Seluruh awak kapal akan melakukan upaya terbaik untuk operasi keamanan dan kelancaran kapal ini dan untuk memenuhi kepuasan pelanggan, ujarnya. (PR)