Laba HITS Melonjak Lebih Dari Dua Kali Lipat di Semester I-2017

published on : 2017, August 03

Jakarta,- PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. semakin mengokohkan diri sebagai salah satu perusahaan terbaik di industri pengangkutan minyak dan gas dengan membukukan kinerja cemerlang selama semester pertama tahun ini.

 

Setelah membangun fondasi keuangan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan publik dengan kode saham HITS ini mampu melanjutkan tren pertumbuhan kinerja positif yang berkelanjutan.

 

Pada semester pertama tahun ini, pendapatan HITS melaju dengan pertumbuhan sebesar 16% menjadi US$34,8 juta dari periode yang sama tahun lalu sebesar US$29,9 juta. Ditopang oleh efisiensi dan strategi bisnis yang terukur, perseroan mampu menekan beban usaha dari US$21,2 juta pada semester pertama tahun lalu menjadi US$20,2 juta pada periode yang sama tahun ini.

 

Alhasil, laba bruto perseroan melonjak 66% menjadi US$14,5 juta pada 6 bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu sebesar US$8,7 juta. Sementara itu, laba tahun berjalan pada paruh pertama tahun ini mencapai US$5,2 juta, naik menjadi lebih dari tiga kali lipat dari US$1,5 juta pada semester pertama tahun lalu.

 

Adapun, pada periode yang sama, laba komprehensif tahun berjalan HITS juga melaju kencang dari US$2,2 juta menjadi US$5,2 juta, sedangkan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai US$2,9 juta, atau meroket 163% dari US$1,1 juta. 

 

HITS juga memiliki kondisi keuangan yang sehat. Kas perseroan per 30 Juni 2017 mencapai US$27 juta, atau meningkat dari posisi pada akhir tahun lalu sebesar US$23,1 juta. Jika dibandingkan secara year-on-year, kas perseroan meningkat hampir dua kali lipat dari posisi pada periode yang sama tahun lalu sebesar US$13,9 juta.

 

Theo Lekatompessy, Direktur Utama PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk., mengatakan di tengah tantangan besar yang terjadi di sektor migas Tanah Air, perseroan mampu membuktikan diri sebagai salah satu perusahaan pengangkutan laut terbaik yang memiliki pertumbuhan kinerja berkelanjutan.

 

“Kami memulai proses restrukturisasi pada tahun 2012 dengan formula OBH, yaitu organisasi, bisnis, dan hukum. Setelah proses itu selesai, fondasi perusahaan terbangun dengan kokoh dan berbekal strategi bisnis yang tepat dan prudent, kami berhasil memenuhi janji kepada shareholders maupun stakeholders untuk menghasilkan pertumbuhan kinerja yang sangat positif,” ungkap Theo.

 

Kepedulian untuk memberikan nilai tambah bagi pemegang saham juga terlihat dari keputusan HITS untuk membagikan 50% dari laba tahun buku 2016 sebesar US$2,62 juta sebagai dividen. Hal ini merupakan yang pertama kalinya setelah hampir 10 tahun aksi tersebut tidak dilakukan perusahaan. 

 

“Keputusan itu kami ambil untuk memenuhi komitmen pembagian keuntungan kepada pemegang saham yang telah memberikan kepercayaan besar terhadap manajemen dalam mengelola HITS untuk terus bertumbuh di masa mendatang,” papar Theo.

 

Theo menambahkan, HITS akan terus mencari peluang yang tepat dan sesuai dengan core-business perusahaan, yaitu di pengangkutan minyak, gas, petrokimia, serta jasa manajemen pelayaran, sehingga pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan ini dapat terus dijaga.

 

Ekspansi usaha pun terus dilanjutkan. Pada akhir bulan Juli 2017, HITS telah menambah satu kapal tanker pengangkut minyak MT Prospero yang telah berganti nama menjadi Griya Jawa dari Donso Shipping AB dan Donso Holding AB oleh PT Hutama Trans Kencana, perusahaan di bawah kendali perseroan. (*)