Kinerja HITS 2017 - MENEBUS JANJI, MEMULAI AKSELERASI

published on : 2018, April 05

Bagi Manajemen HITS, tahun 2017 merupakan periode pembuktian atas janji yang pernah dia sampaikan kepada para Pemegang Saham bahwa Perusahaan dapat bangkit dari keterpurukan dan kembali berlayar dengan kecepatan penuh.

 

Theo Lekatompessy, Direktur Utama PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. (kode saham: HITS) merupakan nahkoda yang sukses menyelesaikan proses restrukturisasi utang perusahaan dengan resep sederhana OBH (Organisasi, Bisnis, dan Hukum).Resep tersebut dimulai dengan melakukan penyelamatan arus kas, dan pembenahan organisasi, kemudian menyelesaikan permasalahan hukum agar perusahaan dapat kembali beroperasional setelah dihempas badai krisis ekonomi pada tahun 2007-2008.

 

Sejak dipercaya menjadi Pemimpin HITS pada tahun 2012, Theo secara perlahan tetapi pasti mampu ‘menyalakan kembali’ mesin-mesin kapal Perusahaan dan sukses membalikkan keadaaan dari rugi menjadi untung.

 

Sekitar 5 tahun berselang, dengan konsistensi dan kerja keras, HITS mampu mempercepat lajunya ketika sebagian besar pemain harus ‘menyandarkan kapal-kapal’ mereka karena industri perkapalan, baik di tingkat nasional maupun global, tertekan akibat koreksi harga minyak dunia.

 

Pada tahun 2017, HITS membukukan kinerja yang cemerlang dengan mencetak pendapatan Perseroan juga meningkat 12,14% dari US$60,3 juta pada tahun 2016 menjadi US$67,7 juta pada tahun lalu. Rahasia utama dari akselerasi pertumbuhan laba ini adalah efisiensi biaya.

 

Adapun laba komrehensif income yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk dan non pengendali sebesar US$9.7 juta atau naik 74.5% dari tahun sebelumnya senilai US$5.6 juta,

 

Theo paham betul bahwa efisiensi adalah kunci untuk tetap membukukan kinerja yang solid di tengah industri yang masih tertekan. Perseroan sukses menekan beban pokok pendapatan menjadi US$38,87 juta pada tahun lalu dari US$44,28 juta pada tahun 2016.

 

Efisiensi juga tidak berarti HITS berhenti berekspansi. Berbekal arus kas yang sehat, Perseroan melakukan penambahan aset sehingga total aset pada akhir tahun lalu mencapai US$175,56 juta, naik 6,34% secara tahunan, dengan posisi kas dan setara kas US$18,03 juta.

 

Kenaikan aset ini terjadi setelah HITS membeli tiga armada baru senilai US$10,1 juta. Armada tersebut dikerahkan untuk bisnis pengerukan atau dredging, salah satu bentuk diversifikasi bisnis yang dilakukan Perseroan untuk menangkap peluang di program kemaritiman yang digalakkan pemerintah.

 

Pada pengujung tahun lalu, Perseroan membeli dua unit hopper barge 3055 dan 3056 dari Nagasaki Shipping Pte ltd. Serta satu unit clamshell dredgder Woobang Giant dari Summit Offshore Marines Pte Ltd.

 

Untuk membiayai pembelian kapal-kapal tersebut senilai US$10,1 juta, perusahaan mendapat pinjaman bank sebesar US$6,8 juta dan sisanya sekitar US$3,3 juta dirogoh dari kas internal Perseroan yang sehat.

 

Bisnis pengerukan menyimpan potensi besar karena pembenahan infrastruktur pelabuhan menjadi salah satu fokus kerja pemerintah di bidang kemaritiman. Hal ini yang menjadi pertimbangan kuat manajemen HITS untuk optimis untuk pengembangan segmen pengerukan.

 

Tidak hanya sampai di situ, pada awal tahun ini HITS kembali menambah armada. Perseroan membeli kapal tanker pengangkut minyak bernama MT Sinar Emas seharga US$8,7 juta dari PT Samudera Shipping Services.

 

“Selama 5 tahun ini, Humpuss berbenah dan telah kembali menjadi sebuah Perusahaan yang sehat dan siap untuk berlayar dan berkompetisi dengan Perusahaan Pelayaran lainnya, dan tetap menjunjung sikap penuh kehati-hatian,” kata Theo.

 

PENGEMBANGAN SDM

 

Penambahan armada kapal tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kuat dan handal. Untuk itu, HITS sangat serius melakukan pengembangan SDM yang telah dilakukan sejak 2016.

 

Resep OBH masih terus dipegang teguh oleh Theo. Selain mencari dan menciptakan peluang bisnis, seorang pemimpin harus membangun kekuatan internal dengan memompa moral karyawan dari the losing soldier menjadi the winning team.

 

Selain melakukan penguatan internal dengan mengadakan pertemuan rutin dan pelatihan, HITS juga turut mendorong pengembangan SDM di luar lingkungan perusahaan untuk menopang kebutuhan industri kemaritiman nasional.

 

Melalui Humpuss Trilogi Maritim Training Center, Perseroan saat ini menghadirkan pelatihan untuk 11 jenis sertifikasi SDM di bidang kemaritiman yang sesuai dengan standar The International Convention on Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW) Organisasi Maritim Dunia.

 

Selain itu, pada tahun ini HITS juga akan membuka program Pascasarjana di bidang kepelabuhanan dengan menggandeng STC Rotterdam dan Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI).

 

Setengah dekade berlalu, Humpuss telah berhasil keluar dari segala permasalahan dan sukses membangun fondasi yang kuat untuk memasuki babak baru dengan tantangan berbeda.

 

Tantangan ke depan bagi Perusahaan adalah bagaimana menjaga pertumbuhan kinerja secara berkelanjutan di tengah semakin ketatnya persaingan di industri jasa kemaritiman.

 

Berbekal kekuatan manajemem yang bisa ‘membaca arah angin’—melalui visi dan misi Perusahaan yang terukur—serta program pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, HITS siap melaju untuk menangkap setiap peluang yang ada.

 

“Kami akan tetap fokus pada bisnis inti Perusahaan, sekaligus menciptakan peluang-peluang baru yang sejalan dengan visi dan misi Perusahaan untuk menghasilkan nilai tambah bagi seluruh Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan,” tutup Theo.